Cuka Bunga Rosela TAHESTA

Minuman Kesehatan Fermentasi PERTAMA di Indonesia yang terbuat dari Bunga Rosela

Mudahnya Menanam Rosela

Posted by izzasalsa pada Maret 23, 2009

MENANAM Rosela tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Hanya memang kualitas yang dihasilkan akan berbeda. Rosela yang ditanam di dataran rendah akan memiliki kualitas yang bagus. Sedangkan di pegunungan Rosela akan berwarna merah kehitaman.

Untuk menanam Rosela ada beberapa langkah. Pertama adalah pengolahan lahan. Persiapan lahan dilakukan dengan pembajakan tanah secara membujur dan melintang. Sebelumnya, tanah dicampur pupuk dasar berupa pupuk kandang.

Penanaman bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan ditanam secara langsung biji atau disemaikan dahulu. Untuk ditanam langsung dari biji, penanaman dilakukan dengan ditugal dengan isi setiap lubang dua sampai tiga biji. Sementara untuk yang sudah disemai, setiap lubang ditanam satu sampai dua bibit.

Setelah tumbuh dengan baik, atau setelah berumur sekitar tiga minggu, rosela kembali dipupuk dengan pupuk kandang. Baru pada saat tanaman berumur tujuh sampai delapan minggu dipupuk dengan pupuk urea 30 – 40 gram setiap tanaman.

Selama pertumbuhan, perlu diwaspadai adanya gulma yang akan berdampak negatif. Oleh karena itu dilakukan penyiangan dengan frekuensi sesuai kondisi lahan.

Tanaman rosella mulai menghasilkan bunga pada umur 120 hari dan dapat dipanen secara terus menerus dalam waktu tiga bulansebelum akhirnya diganti dengan bibit baru.
Perbatang tanaman rosela dapat menghasilkan 1,5 kilogram bunga basah. Pemanenan menggunakan gunting untuk memotong tangkai bunga, kemudian dilakukan pemisahan biji.

Produksi tanaman rosela setiap hektar mampu menghasilkan dua sampai tiga ton bunga segar tanpa biji atau setara dengan 200 – 375 kg kelopak bunga kering.
(sumber Radar Banyumas 15 Maret 2009)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: